Sabtu, 06 November 2010

Madu: Pembunuh Kuman

Assalamu'alaykum Wrt. Wbt

Apa kabar Sahabat semua? Semoga Anda dan keluarga berada dalam keadaan terbaik. Hampir semua dari kita prihatin dan mencurahkan banyak hal untuk membantu saidara-saudara kita yang sedang ditimpa bencana, semoga Allah memberi kekuatan kepada kita semua. Berikut tulisan singkat untuk Anda. Selamat membaca.

Madu juga mengandung zat yg dapat membunuh bakteri yaitu hidrogen peroksida / peroksida air.

Kelenjar hipofaring mensekresi enzim glukosa oksidase yg akan bereaksi dg glukosa bila ada air dan memproduksi hidrogen peroksida.

Dulu hidrogen peroksida dikenal sbg zat inhibine. Reaksi kimiawi ini berlangsung sesaat, tetapi dlm jumlah kecil terus terbentuk hingga madu "matang". Bila madu bereaksi kembali dg air maka produksi hidrogen peroksida akan meningkat lagi.

Konsentrasi hidrogen peroksida pd madu sekitar 1 mmol/l, 1000 kali lebih kecil jumlahnya daripada larutan hidrogen peroksida 3% yg biasa dipakai sbg antiseptik.

Meski konsentrasinya kecil, efektivitasnya tetap baik sbg pembunuh kuman. Efek samping hidrogen peroksida seperti merusak jaringan akan diatasi madu dg zat antioksidan dan enzim-enzim lainnya. Dikutip dari Terapi Madu. Dr. Adji Suranto, Sp. A. 2007. Penebar Plus +

Dengan begitu, pastikan madu yg Sahabat konsumsi adalah madu berkualitas prima untuk manfaat terbaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar